Senin, 24 November 2008

Melamin


Tuntutan membaca jurnal untuk pelengkap keterangan case report, membuat saya harus selalu searching mencari data yang up to date. Beberapa hari yang lalu, saya menemukan jurnal tentang kasus melamin di china, yang ternyata dapat menyebabkan Transitional cell carcinoma (TCC) pada anak, informasi ini membuat saya cukup bergidik, pasalnya ketika isu melamin terlontar plus daftar makanan ringan yang ditarik, saya sangat khawatir juga karena anak sayapun pernah mengkonsumsi "snack" maupun permen-permen yang "katanya" mengandung melamin. Saya berdoa mudahan-mudahan anak saya dikemudian hari tidak menderita sakit akibat zat industri tersebut (sangat manusiawi yah...). TCC yang terjadi pada anak, memang kejadiannya sangat sedikit sekali, sejak tahun 1950 hingga saat ini, baru kurang lebih 100 kasus yang dilaporkan, walaupun angka kejadian pada orang dewasa, di amerika 40.000-50.000/tahun dengan kematian 10.000-12.000/tahun. TCC pada anak lebih banyak diderita anak laki dibanding perempuan yaitu 9 ; 1. Gejala utamanya, hematuria dengan sakit atau tidak pada pinggang, kemudian diikuti oleh gangguan buang air kecil (BAK). Oleh karena itu setelah membaca jurnal tersebut, segala snack, permen dan minuman kemasan untuk anak, saya coret dalam daftar belanja bulanan .

Tidak ada komentar: